News

PADUAN SUARA VOCA ERUDITA HARUMKAN NAMA INDONESIA DI ITALIA

Surakarta – Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita Universitas Sebelas Maret Surakarta kembali menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional dengan mengikuti dua kompetisi Paduan Suara Internasional di Italia, yaitu pada ajang 58th Seghizzi International Choral Singing Competition di Gorizia dan 8th International Choir and Orchestra Festival di Florence, Italia dan berhasil menyabet 8 penghargaan dari kedua kompetisi tersebut.

PSM Voca Erudita mengikuti kompetisi paduan suara yang diselenggarakan di dua kota berbeda, yaitu kota Gorizia dan kota Florence, Italia, yang diselenggarakan pada 19-22 July 2019 dan 24 – 26 July 2019. Didampingi oleh pembina, Prof. Dr. Ir. Susy Susmartini MSIE, satu official, dan dipandu oleh 2 konduktor, Redi Sabtono S.Sn dan Ardian Dika Adhyatma S.Sn, serta tim yang terdiri dari 34 penyanyi, Rombongan PSM Voca Erudita memulai kompetisi pertama pada 58th Seghizzi International Choral Singing Competition yang merupakan salah satu kompetisi paduan suara internasional tertua dan bergengsi di Eropa yang diselenggarakan di kota Gorizia, Italia. Kelompok paduan suara yang tergabung dalam ajang tersebut telah melalui berbagai tahap audisi dan Voca Erudita terpilih menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang berkesempatan menunjukkan kemampuannya di mata dunia melawan 12 paduan suara dari 10 negara yang berbeda.

Dalam kompetisi ini Voca Erudita mengikuti 2 kategori lagu, yakni kategori 1D “Historical Period since 1911 to the present day” dan kategori 2A “Folk and traditional songs”. Voca Erudita berhasil menjadi salah satu dari 6 paduan suara yang masuk dalam Babak Grand Prix dan harus melawan 5 paduan suara terpilih lainnya yang berasal dari Austria-Lithuania, Kanada, Filipina, Jepang, dan Ukraina. Pada ajang ini Voca Erudita berhasil menyabet 4 penghargaan yaitu 4th Place of category 1D “Historical Period since 1911 to the present day”, 3rd Place of category 2A “Folk and traditional songs”, Prize Choreography and Costumes, dan 4th Place of 31st Grand Prix Seghizzi.

Perjalanan PSM Voca Erudita UNS berlanjut pada kompetisi kedua yaitu 8th International Choir and Orchestra Festival yang merupakan kompetisi paduan suara dan orkestra yang diadakan di jantung kota Florence, Italia. Pada kompetisi ini, Voca Erudita mengikuti kategori A “Mixed Choir Adults” dan kategori M “Modern and Contemporary Music”. Dengan tim yang sama yang telah dipilih melalui sistem audisi, PSM Voca Erudita UNS kembali menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia di kompetisi ini dan melawan 14 peserta dari 6 negara berbeda.

Usaha Voca Erudita dalam kompetisi kedua ini pun membuahkan hasil dengan menyabet 4 penghargaan yaitu 1st Place of Category A “Mixed Choir Adults”, 1st Place of Category M “Modern and Contemporary Music”, The Best Performance of Italian Composers Work “Vezzosi Augelli by Luca Marenzio” dan berhasil mendapatkan The Golden David sebagai penanda Grand Champion of 8th International Choir and Orchestra Festival. Mengenai penghargaan The Golden David, Muhammad Hazim Fauzi, selaku ketua PSM Voca Erudita menjelaskan bahwa penghargaan tersebut diraih Voca Erudita sebagai kelompok Paduan Suara yang memiliki performance terbaik dalam menginterpretasikan lagu yang dibawakan dalam setiap kategori sekaligus dipilih sebagai peserta terbaik dalam ajang 8th International Choir and Orchestra Festival.

Disela-sela rangkaian kegiatan di Italia, PSM Voca Erudita UNS memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Italia melalui rangkaian konser misi budaya yang digelar di kota Mossa dan beberapa gereja di kota Florence, Italia. Adanya koreografi arahan koreografer Paulus Krisna Wisnumurti mempermanis penampilan PSM Voca Erudita dalam membawakan lagu-lagu daerah yang memukau masyarakat Italia dalam kategori folklore dan saat konser misi budaya.

Setelah melalui rangkaian latihan keras selama kurang lebih lima bulan serta berbagai kegiatan galang dana yang dilakukan sebagai salah satu dari kerja keras yang dilakukan selama ini, tak lupa PSM Voca Erudita UNS mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan yang diberikan dari berbagai pihak sehingga Voca Erudita dapat menuai prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. “Terima kasih sebesar-besarnya kepada Rektor UNS beserta jajarannya, dan civitas academica Universitas Sebelas Maret, serta berbagai pihak yang sudah mendukung kami dalam berbagai bentuk dukungan sehingga dapat mengikuti kompetisi dan Puji syukur kami dapat membawakan hasil yang membanggakan Universitas, kota Solo, dan bangsa Indonesia” ujar Maria Vegasari, ketua pemberangkatan PSM Voca Erudita UNS ke Italia. PSM Voca Erudita UNS berharap dapat dikenal oleh masyarakat lebih luas dan menginspirasi para pemuda Indonesia agar terus menjunjung nasionalisme dan mengukir prestasi dimanapun berada.

 

—————————————————-SELESAI—————————————————–

 

Untuk informasi lebih lanjut :

 

Official Humas Voca Erudita

vocaeruditachoir@gmail.com

psm_uns@yahoo.com

0857-2612-6262

 

Social Media

Instagram        : @vocaeruditauns

Twitter             : @vocaeruditauns

Facebook         :  VocaErudita StudentChoir

 

 

VOCA ERUDITA KONSISTEN MENOREHKAN PRESTASINYA

Surakarta – Setelah tahun lalu mengharumkan nama Indonesia dengan menjadi juara  ke 3 pada ajang kompetisi paduan suara Internasional 63rd International Choral Contest Habaneras and Poliphony di Torrevieja, Spanyol serta menjadi Grand Champion pada kompetisi nasional 6th Satya Dharma Gita National Choir Festival di Semarang, Jawa Tengah. Tahun ini, Voca Erudita mengikuti kompetisi Paduan Suara tingkat Internasional pada ajang Soegijapranata Choral Festival di Semarang, Jawa Tengah, Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita Universitas Sebelas Maret Surakarta berhasil menorehkan prestasi lagi pada 6 – 9 September 2018.

Dalam kompetisi yang berlangsung di Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang, Jawa Tengah ini dari 8 kategori yang di lombakan, Voca Erudita mengikuti 3 kategori , yaitu kategori Mixed, Equal Voices dan Folklore. Kategori Mixed merupakan kategori dengan penyanyi yang berumur 18 tahun ke atas yang terdiri atas 4 jenis kelompok suara yaitu Sopran, Alto, Tenor dan Bass ( SATB ), Kategori Equal Voices merupakan kategori dengan penyanyi sejenis, pada kategori ini Voca Erudita mengirim tim dengan formasi Female Choir yang terdiri atas kelompok suara wanita yaitu Sopran dan Alto, dan kategori Folklore merupakan kategori yang berisi nyanyian lagu-lagu daerah yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Sejumlah 58 penyanyi, bersama 2 konduktor yaitu Redi Sabtono dan Agata Martha Wardani maju membawakan lagu-lagu pada kategori Mixed dengan judul Locus Iste, Exsultate Deo, dan De Profundis. Pada kategori Equal Voices, Voca Erudita menyanyikan lagu Duo Seraphim, Der Wasserman dan Cantate Domino. Lalu pada kategori Folklore menyanyikan lagu daerah yang berasal dari Filipina, yaitu Pamugun dan lagu daerah yang berasal dari lagu Adat Tradisional Bugis, Sulawesi Selatan, yaitu Ma Rencong Rencong dengan dibarengi dengan tampilan koreografi yang sangat memukau karya Paulus Wisnu Krisnamurti.

Soegijapranata Choral Festival di Semarang, Jawa Tengah ini merupakan ajang kompetisi perdana paduan suara yang diadakan di Indonesia, yang diselenggarakan oleh “Gratia Choir” Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang, Jawa Tengah. Keikutsertaan Voca Erudita dengan berkompetisi bersama 47 kelompok paduan suara yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri yaitu 1 diantaranya berasal dari negara Filipina. Mendatangkan beberapa Juri dalam dan luar negeri yang berpengalaman dan berkompeten dalam dunia paduan suara seperti Avip Priatna ( Indonesia ), Mark Anthony Carpio ( Filipina ), Agastya Rama Listya ( Indonesia ), Budi Susanto Yohanes ( Indonesia ) dan Dr. Masashi Kishimoto ( Japan ).

Kurang lebih dalam 4 bulan proses berlatih, usaha dari Voca Erudita tak sia-sia. Perjuangan mengikuti 3 kategori dinyatakan lolos ke babak Grand Prix untuk Voca Erudita dan Voca Erudita Female Choir, berkompetisi lagi dengan 7 paduan suara lain nya yang terpilih yaitu Angelus Voice, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Diponegoro, Viva Brio Choir, Domsav Choir, Telkom University Choir, Paduan Suara Mahasiswa ITS dan Administratio Choir. Dan pastinya masing-masing competitor dipilih karena memenuhi kriteria juri dan menjadi saingan yang semakin berat bagi Voca Erudita. Akan tetapi, semangat, usaha dan doa membawa kemenangan pada Babak Grand Prix membuahkan hasil berupa 5 prestasi dan berhasil mengharumkan nama almamater, Universitas Sebelas Maret Surakarta di tingkat Nasional. Voca Erudita berhasil memperoleh : Best Interpretation for Indonesia Contemporary Choral Music, Champion of Mixed category, Champion of Equal Voices category, Gold A Medal for Folklore category dan berhasil meraih Grand Champion of Soegijapranata Choral Festival for Voca Erudita Female Choir sekaligus menjadi debut pertama Voca Erudita dalam formasi Equal Voices ( paduan suara sejenis ) dalam mengikuti kompetisi.

“Penghargaan yang kami raih berkat kesehatian dan bernyanyi tulus dengan hati dari tiap personalnya.” ungkap Aurelius Arlitha Chandra, Ketua Umum PSM Voca Erudita.

Dengan prestasi yang di dapatkan ini, Voca Erudita berharap dapat terus konsisten menorehkan prestasi dan membanggakan nama almamater Universitas Sebelas Maret, Surakarta. serta terus belajar menjadi lebih baik lagi agar dapat terus berprestasi di tingkat Nasional maupun tingkat Internasional.

Dukungan penuh dari berbagai pihak sponsor, serta support yang tiada hentinya  dari Alumni PSM Voca Erudita UNS dan Tim Official Voca Erudita yang turut serta membantu Voca Erudita dalam proses kompetisi Soegijapranata Choral Festival. Tak lupa Voca Erudita mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung mereka, untuk Redi Sabtono, Agata Martha Wardani dan Ardian Dika Adhyatma yang selalu mendampingi Voca Erudita, Almamater Universitas Sebelas Maret dan terlebih masyarakat kota Solo. “Penghargaan yang kami terima, kami persembahkan untuk kalian semua yang telah mendukung kami. Kami tanpa kalian apalah daya kami, Kepada semua pihak yang telah mensupport kami, sekali lagi kami ucapkan banyak terimakasih. Semoga pencapaian ini tidak menjadi yang terakhir melainkan menjadi motivasi kami agar tetap berkarya dan lebih berprestasi”,ucap Margaretha R. Melati, selaku sebagai Ketua Pemberangkatan Tim Voca Erudita dalam kompetisi Soegijapranata Choral Festival.

 

—————————————————-SELESAI—————————————————–

 

Untuk informasi lebih lanjut :

 

Official Humas Voca Erudita

vocaeruditachoir@gmail.com

psm_uns@yahoo.com

0857-2612-6262

 

Social Media

Instagram        : @vocaeruditauns

Twitter            : @vocaeruditauns

Facebook         :  VocaErudita StudentChoir